Terapkan Audit Diri Dalam Kualitas Komunikasi Birokrasi

Jakarta – Menjadi seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) mungkin menjadi cita-cita sebagian anak bangsa yang ingin mengabdikan dirinya untuk bangsa dan negara. Terjaminnya kehidupan di masa akan datang sehingga seorang ASN acap kali dikaitkan dapat meningkatkan derajat keluarga menjadi daya tarik tersendiri yang bercita-cita menjadi seorang ASN. Dalam menjalankan fungsinya, fenomena pola komunikasi di ranah institusi pemerintahan ada beberapa hal yang wajib dipahami oleh para ASN muda.

Ketua Dewan Pakar Ikatan Sarjana Ilmu Komunikasi (ISKI) Pusat, Yuliandre Darwis mengungkapkan menjadi seorang Aparatur Sipil Negara tidak semata-mata harus ahli dalam berkomunikasi antara atasan dan bawahan, melainkan seorang ASN juga wajib menjunjung tinggi dimana popularitas dan eksistensi sebuah Kementerian/Lembaga dimulai dari para ASN itu sendiri. “Branding sebuah Kementerian/Lembaga dimulai dari pegawainya,” ungkapnya saat menjadi pembicara dalam diskusi berbasis daring yang di selenggarakan oleh komunitas Abdi Muda dengan tema “ASN Harus Jago Komunikasi” di Jakarta, Sabtu (5/9/2020)

Yuliandre mengungkapkan pada dasarnya masyarakat menginginkan agar citra Kementerian/Lembaga itu mengutamakan keakuratan dalam proses pelayanan dan mengelola informasi yang nantinya akan dipublikasikan dengan cepat. “Definisi ASN dalam berkomunikasi dapat memperhatikan factor responsif, transparan dan akuntebel,” kata pria yang akrab di sapa Andre ini.
 
Lebih lanjut, Yuliandre yang saat ini menjabat sebagai Komisioner Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat menekankan agar setiap ASN wajib hukumnya dibekali dengan keberanian dan memiliki kapasitas berkomunikasi yang sejalan dengan etika sebagai seorang pelayan public. Adanya audit diri  sebagai cermin komunikasi pada diri seorang ASN menjadi tolak ukur pada diri seorang ASN yang nantinya dapat menyelesaikan persoalan terkait pelayanan public dengan baik dan tuntas. 

“Seorang ASN tidak boleh mengabaikan etika dalam memberikan pelayanan kepada publik, fokus untuk dapat menyelesaikan pelayanan publik dengan cepat, dan tuntas menjadi fungsi utama seorang ASN,” katanya.